Tuesday 10 November 2015

Membersihkan Jok Mobil yang Benar, Jangan Pakai Pewangi



Jok adalah tempat duduk bantalan yang berfungsi menopang tubuh dan peredam guncangan. Umumnya istilah Jok digunakan pada tempat duduk kendaraan bermotor. Istilah jok dalam bahasa Indonesia juga dapat diartikan kursi rumah yang terbuat dari busa. jok berbahan busa adalah model yang sering dipakai karena busa temasuk bantal peredam terbaik.

Cara membersihkan jok ini tergantung pada material yang digunakan. Misalnya jika bahannya sintetik, maka yang perlu dilakukan hanyalah mengelapkan dengan kain dan dibantu oleh bahan kimia tertentu.  

"Tapi harusnya pakai bahan yang khusus untuk membersihkan jok. Kalau pakai sampo biasa warna jok berpotensi pudar," Ujar De'e.

Sementara itu, jika bahannya adalah kain, langkah untuk membersihkannya lebih rumit. Pertama-tama, debu harus disedot menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih dan sikat permukaan jok satu arah.

Setelah disikat, usap jok dengan lap bersih. Langkah terakhir adalah menjemur jok saat cuaca cerah baik dengan cara dilepas atau membuka seluruh pintu mobil

Perbedaan ini disebabkan karena material jok itu sendiri. Jok sintetis tidak akan menyerap cairan, lain halnya dengan jok berbahan kain. 

De'e tidak menyarankan penggunaan pewangi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada jok. "Terutama untuk anak kecil. Itu tidak baik. Cukup gunakan cairan pembersih karena di dalamnya sudah ada pewangi juga,"Ujarnya"?
Load disqus comments

0 komentar